• gambar
  • gambar
  • GURU SMA YOSUKA
  • GURU SMA YOSUKA

Selamat Datang di Website SMA YOS SUDARSO KARAWANG. #Tetap di rumah. Terima Kasih atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA YOS SUDARSO KARAWANG

NPSN : 20265284

Jl.Belakang Pasar No.14 Karawang


smayosuka@gmail.com

TLP : (0267) 8406244


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 84969
Pengunjung : 35700
Hari ini : 59
Hits hari ini : 127
Member Online : 1
IP : 3.80.5.103
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Generasi Berilmu, Berkarakter dan Cinta Tanah Air




MPLS YOSUKA "GENERASI BERILMU, BERKARAKTER DAN CINTA TANAH AIR 


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang biasa dikenal dengan sebutan MPLS merupakan salah satu kegiatan wajib sekolah menengah yang dilakukan di tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan kepada siswa/i baru mengenai lingkungan sekolah.


Sekolah SMA Yos Sudarso Karawang mengadakan MPLS selama tiga hari, yaitu jatuh pada tanggal 15 Juli 2019 (Senin) sampai 17 Juli 2019 (Rabu). Acara ini secara pelaksanaannya di bantu oleh teman-teman OSIS SMA. Acara MPLS tahun ajaran 2019 - 2020 ini memiliki tema "Generasi Berilmu, Berkarakter, dan Cinta Tanah Air". Dari tema ini diharapkan agar calon siswa-siswi di SMA Yos Sudarso Karawang dapat menjadi orang yang cerdas, berperilaku baik, dengan menjunjung tinggi rasa nasionalisme.


Kegiatan ini diawali dengan persiapan di hari Kamis (11 Juli 2019), dimana calon siswa-siswi baru berkumpul untuk mendapatkan pengarahan mengenai kegiatan MPLS yang akan mereka laksanakan. Pengarahan berupa pemberitahuan perlengkapan yang harus mereka bawa, mengenai jadwal, dan buku MPLS, serta pembagian kelas MPLS. Kemudian, para calon siswa-siswi baru diarahkan untuk mengikuti gladi bersih upacara pembukaan di lapangan.


Akhirnya pada hari Senin (15 Juli 2019) merupakan hari pertama masuk tahun pelajaran baru 2019/2020 yang dimana selalu diawali upacara bersama di lapangan sekaligus upacara pembukaan MPLS bersama SMP. Setelah kegiatan upacara berakhir, calon siswa-siswi diarahkan untuk masuk ke kelas kemudian diabsen dan diperiksa kelengkapannya, serta dibacakanlah peraturan-peraturan selama MPLS yang harus ditaati seluruh peserta. Kemudian mereka diarahkan  menuju aula untuk memulai sesi pertama yang dibawakan oleh Kepala Sekolah dengan pemaparan materi Visi Misi Sekolah. Setelah istirahat dilanjutkan dengan presentasi materi Strategi Belajar Yang Efektif Dan Efisien yang dibawakan oleh pemateri dari Universitas Bunda Maria. Calon Siswa-siswi kembali ke kelas untuk pengumpulan barang. Setelah Isoma, dilanjutkan dengan pemaparan materi berupa Pendidikan Karakter oleh guru BK SMA Yos Sudarso, Bu Rina dan Bu Katharina. Kakak OSIS juga mengambil bagian diacara hari pertama dengan mengadakan games pendekatan yang dilakukan bersama calon siswa-siswi, serta perdana meluncurkan jargon MPLS. Setelah itu, calon siswa-siswi baru kembali ke kelasnya untuk evaluasi.


Pada hari kedua, Selasa 16 Juli 2019. Seperti biasa kegiatan selalu diawali dengan absensi dan periksa kelengkapan, kemudian calon siswa-siswi baru diajak menuju aula untuk mengikuti acara selanjutnya. Setelah mereka melakukan doa bersama, Kakak OSIS membangkitkan semangat calon siswa-siswi dengan mengucapkan jargon MPLS, kemudian dilanjutkan pengenalan kurikulum oleh Wakasek Kurikulum, Bapak Suhenda. Saat pengenalan kurikulum ada juga sharing dengan kakak kelas 12 yang mempunyai prestasi dibidang Akademis dan Organisasi, yaitu Kakak Vincent Leonhart dari kelas XII IPA 1 dan Kakak Teresa Anabella dari kelas XII IPS 2. Pemaparan Sadar Hukum yang dibawakan oleh Bu Sulistyowati menyampaikan bahawa calon siswa siswa-siswi baru memilik Hak dan Kewajibannya sebagai siswa di SMA ini. Setelah jam istirahat berakhir, calon siswa/i baru ini berkumpul di aula kembali untuk mengikuti sesi yang dibawakan Universitas President dari Cikarang yang berisikan materi Melek Teknologi kalau ingin berkembang. Setelah isoma, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembicara dari Bapak-bapak TNI yang membawa materi bagaiman membangkitkan rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air. Lalu penutup diberikan oleh OSIS berupa games dan calon siswa-siswi kembali ke kelas masing-masing untuk evaluasi dan berdoa.


Hari ketiga, Rabu 17 Juli 2019, setelah absensi, periksa kelengkapan dan doa di kelas calon siswa-siswi baru diajak menuju ke aula untuk memulai acara selanjutnya yaitu pemberitahuan Program Kesiswaan dan Tata Tertib Sekolah oleh Wakasek Kesiswaan dan Tatib. Lalu dilanjutkan dengan game pengenalan lingkungan sekolah oleh OSIS yang diadakan di sekitar wilayah SMA Yos Sudarso Karawang. Game ini ditujukan agar calon siswa-siswi baru lebih mengenal letak tempat/ruang di sekolah karena dari game ini kita diajak untuk berkeliling sekolah dan juga melatih kekompakan kelompok MPLS masing-masing. Setelah menjalani waktu istirahat, calon siswa-siswi baru kembali ke aula untuk mengikuti seminar kesehatan remaja yang dibawakan oleh pembicara  Universitas Maranatha kemudian dilanjutkan isoma. Setelah isoma, OSIS mengadakan games kecil di aula bersama calon siswa-siswi baru dan dilanjutkan dengan pengenalan ekstrakurikuler oleh perwakilan peserta ekskul yang diadakan di aula dan lapangan. Kemudian acara MPLS 2019 ditutup dengan upacara penutup dan pengenalan guru, serta bersalam-salaman bersama dengan otomatis mereka sudah diterima sebagai Siswa-siswi SMA YOS SUDARSO KARAWANG. Siswa-siswi baru diajak masuk ke ruang kelas masing-masing untuk mendengarkan pengumuman dari wali kelasnya.


Selain itu pula dari hari pertama sampai hari terakhir calon siswa-siswi baru diwajibkan mencari tanda tangan dari teman seangkatannya, kakak kelas, pengurus OSIS, serta guru-guru di SMA Yos Sudarso Karawang. Hal ini dilakukan agar seluruh warga sekolah dapat saling mengenal dan menjalin komunikasi yang baik.


Demikianlah acara MPLS tahun ajaran 2019-2020 yang dilaksanakan selama tiga hari. Semoga dari kegiatan ini seluruh warga SMA Yos Sudarso Karawang dapat membangun relasi yang baik sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan damai.


CREDIT: LAURA REGITA 




Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas